<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8495426\x26blogName\x3dPikiran,+Cerita,+dan+Perjalanan+Saya\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://latiefs.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://latiefs.blogspot.com/\x26vt\x3d-3212747536842318622', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Saturday, May 20, 2006

Salah yang Kalah

Aku memandangi perempuan itu lekat. Ia jelita sungguhan. Tapi sungguh aku tak tertarik. Bukan karena aku sudah mengganti orientasi seksual (yukk..), tapi demi melihat lakunya. Ia naik di pojok perempatan jembatan "semanggi" UI. Padahal, di prapatan menuju jalan Akses UI ini, tanpa ada yang berhenti pun jalur ini sudah macet karena lampu merah yang tak pernah berfungsi sejak didirikan. (Eh, Pak Nur yang walikota itu tiap hari lewat sini lho).

Aku terus memandanginya dengan sedikit kekesalan. Ia terlalu cantik, modis, untuk berbuat salah itu. Angkot 112 Depok-Rambutan, terus berjalan. Di pertigaan Taman Bunga, jemari lentik si jelita mengetuk atap angkot, minta berhenti. Sekali, angkot terus melaju. Memang, saat itu lampu pengatur sedang hijau. Masya Allah, jemari lentik itu berubah menjadi tangan besi bak film cyborg. Menggedor dengan keras. Mungkin khawatir atapnya rusak, sang sopir memilih berhenti, diiringi sungut si jelita. Ya Rabb, betapa maha Adil Engkau, Kau beri dia wajah jelita, tapi pekerti tiada.

Aih, kejamnya aku menilai pekerti orang hanya dari disiplin berlalu lintas. Bisa saja, dia tidak tau bahwa yang dilakukannya salah. Bukan kesalahan yang dihalalkan demi kepuasa belaka. Di depan kampus Gunadharma, persis di bawah plang berisi Perda no. 14 tahun 2001 tentang larangan berdagang, berderet PKL yang menutup keindahan kampus. Di salah satu kios, tertempel poster "Penggusuran=Pembunuhan". Sungguh poster yang ambigu. Apakah artinya, penggusuran itu membunuh saya atau gusur aku, kau kubunuh.

gambar dari http://www.muhajirlawfirm.com/images/timbangan.gifDua pilihan makna yang sulit. Entah rasa salah sudah kalah oleh beratnya kehidupan. Atau betapa sulitnya mencari titik ekuilibrum, dalam neraca kehidupan yang semakin tak adil. Sehingga amok massa pun menjadi pilihan yang tidak lagi salah. Tapi bicara tentang neraca, berarti melibatkan dua pendulum yang harus setara di titik berat. Ada salah, ada baik. Ada upat, ada puji. Ada rahayat, ada pejabat.

Lalu, darimana mau memulai perasaan bersalah ini. Dari istana yang ternyata kebanjiran dan dimakan rayap itu. Dari Trunojoyo yang kebagian uang batil BNI. Atau dari Senayan, yang pimpinannya tetap pas pus.. merokok di ruang sidang ber-AC itu. Udah ah, dari diri sendiri saja. Karena merasa bersalah membebani inbox kalian, maka aku akhiri tulisan ini disini. Tabik.

5 Comments:

At 11:48 PM, Blogger Yati said...

serba salah....cantik2 ga ngerti aturan, mahasiswa pinter ikut tawuran, mobil mewah ga punya tempat sampah...banyak deh...eyang ikut mana? hehehe

 
At 3:26 AM, Anonymous Anonymous said...

ya gitu deh pakde. sudah gak ada ide untuk komen. tapi saya yakin ini masalah struktural pakdhe. coba kalo hukum tegak berdiri, undang-undangnya jelas, pejabat tau diri, pasti lebih rapi. *ngotot* :)
pakabar pakdhe? lama tak jumpa :D

 
At 10:41 PM, Anonymous Anonymous said...

Yg merokok di ruang ber-ac di dpr itu pasti si mbah, ya eyang ..? Mungkin saking "mbah"nya, jadi lupa dg aturan .. :)

 
At 4:21 PM, Anonymous Anonymous said...

Very cool design! Useful information. Go on! http://www.dryer-vent.info/Sears_18_inch_dishwasher.html Honda brokers texas Pregnant valtrex starting dose spironolactone for acne Thailand no prescription adderall travel insurance annual multitrip senior us Gay sauna sauna Top web site promotion Cowgirl skin care polish horse car Koll sauna Anti spam blocker outlook Ict insurance Adidas womens baseball shoes

 
At 8:26 PM, Anonymous Anonymous said...

You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it Web hosting pay pal merchant account internet merchant account templates protonix Toyota trade in tacoma Homeland security technologies spokane pilates Www.konsolen cheats.de merchant accounts http://www.stationery-1.info/free-printable-wedding-invitations.html yugioh perfect collection versus tv series http://www.fitness-program-8.info/nike-golf-shoes-air-edge-slip-on.html teens girls shaved pussy 1977 pontiac trans am black Service provider minnesota isp http://www.high-cholesterol-7.info/Lipitor26diabetes.html 2006 car ferrari model new Glassware industry patents Buy car wheels Pictures swimsuit models 2 5 mobile hard drives

 

Post a Comment

<< Home

Pikiran, Ucapan, dan Perjalanan Saya Gambar perjalanan lain, klik disini